Jumat, 14 November 2008

Fitur ORARI ~ Digital Mode

Digital mode adalah salah satu fitur yang sudah ada cukup lama. akan tetapi tidak banyak yang memanfaatkan karena relatif lebih membutuhkan ketrampilan yang berbeda. Padahal, kalau dicermati lebih serius sedikit, tidaklah terlalu sulit untuk dicoba.
Software yang umum digunakan adalah MixW yang bisa didownload gratis disini. Banyak contoh rangkaian interface yang bisa digunakan, diantaranya adalah


Rangkaian tersebut diatas untuk switching ke PTT, dimana ada yang menggunakan transistor dan ada yang menggunakan optocopler.
Selain switching, ada 2 kabel lagi yang harus dikoneksi, yaitu dari speaker di komputer disambung ke input microphone di transceiver dan dari speaker transceiver di sambung ke mic di komputer. Level di kedua belah perangkat diatur secukupnya sehingga bisa ditangkap oleh masing masing.
Setting di komputer disesuaikan dengan port mana yang digunakan. Untuk laptop yang tidak ada serial port nya, dapat menggunakan usb to serial converter. Yang sudah dicoba dan bisa berfungsi adalah merk ATEN. Jangan lupa untuk install drivernya dulu.
Mode yang sering digunakan adalah BPSK31 dan RTTY. Frekuensi yang sering digunakan di 15 meter adalah 21.070 MHz.

Artikel dibawah ini cukup memberikan gambaran mengenai digital mode
PTT to Computer Information

Get your own at Scribd or explore others:

Tag : ORARI, Amateur Radio, Antenna Radio Amatir, Indonesia, Banten, Tangerang, Komunikasi, Download Manual Book Gratis, Organisasi Radio Amatir Indonesia, Belajar Menjadi Anggota ORARI, Buku Manual, Antena, iQSO eQSO, Google Talk, YC1YYK

3 komentar:

  1. bisa di buat lebih detail ?
    Bagaimana dengan setting yang di komputernya ?

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara pakainya ?

    BalasHapus
  3. lebih detail donk OM!
    kita kan belajar......biar nambah ilmu.
    tnx

    BalasHapus

Silahkan masukkan komentar yang membangun...