Kamis, 20 November 2008

Membangun stasiun radio amatir

Menyambut keinginan OM Legowo YC1TOM, dibawah ini ada artikel sederhana mengenai membangun sebuah stasiun radio amatir.

Hal hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam membangun sebuah stasiun amatir radio antara lain adalah :

• Environtmen / propogation
Beberapa elemen dari alam sekitar kita sangat mempengaruhi kualitas stasiun radio kita. Menentukan lingkungan yang baik dapat didapat dengan cara yang sederhana, yaitu menggunakan handy transceiver, berjalan disekeliling area, dan cari signal terbesar yang bisa diterima dari stasiun yang sama. Penggunaan Field Strength Meter juga bisa membantu mencari titik terbaik dimana kita akan mendirikan antenna. Perlu juga diperhatikan, beberapa material dapat berfungsi sebagai reflector RF, sehingga akan memperlemah signal di satu arah dan menguatkan arah di sebaliknya.

• Altitude
Ketinggian suatu stasiun amatir radio sangat dominan dalam mencapai suatu transmisi RF yang baik. Di VHF, seperti yang di “amin”-i oleh YB1TAM berlaku hukum line of sight, dimana signal akan berjalan lurus dengan pandangan mata ( sejajar dengan bumi ), sehingga semakin pendek suatu statsiun radio, akan semakin banyak mengalami pelemahan signal akibat redaman redaman bangunan, gunung dan sebagainya. Hal ini biasanya disiasati dengan meninggikan antena. Semakin tinggi akan menghasilkan jarak jangkau yang lebih jauh.

• Coaxial cable
Fungsi dari kabel adalah menghantarkan RF dari pemancar ke antenna. Hitungan pada kabel, salah satunya adalah pelemahan / atenuasi. Satuan dari pelemahan pada kabel adalah db per meter, artinya, semakin panjang, akan semakin besar pelemahannya. Beda type kabel juga memberikan hasil yang berbeda. Kabel yang digunakan untuk RF amatir radio menggunakan kabel dengan impedansi 50 ohm. Pelemahan pada kabel juga tergantung pada frequency kerjanya. Data kabel coax yang biasa digunakan dapat dilihat di bawah :


Velocity Factor digunakan untuk tuning kabel ( perhitungan lambda pada kabel coax ), dimana secara electrical, 1 lambda adalah ( 300 / f ) * Velocity Factor.

Apa efek pelemahan pada kabel ?
Tabel dibawah menujukkan pelemahan atau penguatan


Kabel Heliax saat ini banyak di minati karena lossesnya yang rendah. Gambar heliax dapat dilihat dibawah.



• Antenna
System Antena sangat vital dalam dunia amatir radio. Oleh karena itu, sampai saat ini masih banyak amatir radio yang bereksperimen antenna.
Ada 2 macam antena yang umum digunakan. Yang pertama adalah omni directional ( memancar keseluruh arah ), yang kedua adalah directional ( bi-directional ~ dua arah, dan single directional) Hal yang penting dari antenna adalah dB gain. Semakin besar dB gain, dengan power yang sama akan semakin jauh jarak didapat.
Antena jenis omni, memancarkan RF ke seluruh arah secara horizontal. Sedangkan antenna pengarah / directional, hanya mengarah sesuai dengan arah antena. Gain yang didapat dari sebuah antenna pengarah tergantung dari elemen elemen director dan reflektornya. Semakin banyak jumlah directornya, semakin besar dB gain yang didapat.
Apa yang didapat dari sebuah dB gain ? kita bisa lihat di tabel kabel di atas. Perhitungan pelemahan pada kabel adalah berbanding terbalik dengan penguatan antena ini.

Dari table diatas didapat, sebagai contoh antenna dengan dB gain 10, akan melipatgandakan power input sebesar 100 Watt, secara teoritis menjadi 1.020 watt. Dahsyat bukan ?

SWR ( Standing Wave Ratio ) adalah suatu nilai perbandingan antara power in dan power balik. Semakin besar nilai SWR berarti semakin buruk system antenanya. Nilai ideal adalah 1:1. Nilai aman dari SWR sebaiknya tidak melebihi 1 : 1,5.

Dalam desain, penggunaan software MMANA yang dapat didownload gratis disini
Penjelasan lebih detail mengenai penggunaan software MMANA dapat dilihat disini

Untuk setup antena, penggunaan antenna analyser akan lebih mempermudah. Salah satu antenna analyzer yang cukup handal adalah MFJ 269



• Transceiver
Yang paling sering dilakukan seorang amatir radio di Indonesia adalah menaikkan power output transceiver. Biasanya dengan menggunakan penguat linier ( linier amplifier ) atau booster. Padahal, menaikkan power tanpa diimbangi system kabel dan antenna yang baik adalah tindakan in-effisiensi. Mengurangi looses kabel dan menggunakan antena dengan dB gain tinggi akan jauh lebih effisien .
Hal penting dari suatu transceiver adalah sensitifitas dan selektifitas. Semakin sensitif penala, seharusnya diimbangi dengan selektifitas yang baik. Kalau tidak, dia akan direpotkan dengan splatter.
Penggunaan RF gain akan sangat membantu operator untuk mengarahkan antenanya, atau menganalisa kedekatan pemancar kuat signal lawan bicaranya. Disamping itu biasa digunakan untuk memfilter hanya signal yang besar saja yang bisa masuk.
Saat ini, transceiver yang paling popular dalam hal ini adalah Kenwood TR9130




• Accessories
Penggunaan konektor yang baik diyakini akan meminimalisir losses pada system transmisi. Konektor tipe N banyak digunakan


Untuk operator yang suka melanglang buana, penggunaan SWR tuner akan membuat lebih aman hamshack nya. Daiwa CN 919 adalah salah satu pilihan untuk VHF



• Administratif
Setiap amatir radio wajib mencatat kegiatan operasi dalam logbook. Saat ini, penggunaan logbook elektronik menjadikan pencatatan lebih efisien. Software yang biasa digunakan untuk logbook adalah N1MM yang bisa didownload disini . Selain itu, MixW juga dapat berfungsi sebagai loger yang berfungsi juga sebagai software digital mode. Software MixW dapat didownload disini . Untuk contest, biasanya kita perlu meng export ke format cabrillo

• Others.
Perhitungan mengenai penguatan dan pelemahan pada system kabel dan antenna dapat dilihat disini
Tag : ORARI, Amateur Radio, Antenna Radio Amatir, Indonesia, Banten, Tangerang, Komunikasi, Download Manual Book Gratis, Organisasi Radio Amatir Indonesia, Belajar Menjadi Anggota ORARI, Buku Manual, Antena, iQSO eQSO, Google Talk, YC1YYK

6 komentar:

  1. wah...hebat yah!
    Boleh belajar nich!
    terimakasih banyak nich

    BalasHapus
  2. sangat membantu sekali untuk teman teman sebagai acuan membangun station amatir radio baru... kalau saya dulu pakai prinsip "asbun"... asal bunyi.. he he he... ndak taunya memang perlu ilmu ilmu yang seperti om yayok paparkan diatas... ditunggu lagi artikel lainya om yayok, salam from balikpapan de YC1UUU/7 (YON)

    BalasHapus
  3. saya sangan tertarik dengan stasiun radio amatir orari ini.
    pertama kali saya begitu aneh melihat ada koneksi jaringan internet "ORARI" di komplek saya.
    saya bingung awal'a. ini punya siapa ?
    saat keesokan harinya saya berangkat sekolah.
    saya liat didepan saya ada mobil innova yang bertempelkan stiker logo ORARI.
    baru saya tau kalau koneksi internet itu milik pengendara innova tersebut.
    setelah browsing lebih lanjut.
    baru diketahui kalau ORARI itu adalah stasiun radio amatir. :)

    BalasHapus
  4. Boz minta pencerahan dong, sy maw psg seperangkat radio di mobil, minta sarannya boz, pesawat apa yg ok, kabel, antena dan letak antena yg bagus. Thx banget

    BalasHapus
  5. boz ane mo mo jual barang2 pemancar ni...
    mulai dari kbel rg8 sampai kabel heliax dan accesoris ya.bila minat hub di nmr 081318440432 dado

    BalasHapus
  6. https://www.facebook.com/kabelfeeder

    dijual kabel Coaxial, kabel feeder, tower BTS, kawat seling baja galvanis, hubungi Imam 08125245368



    https://www.facebook.com/kabelfeeder

    dijual kabel Coaxial, kabel feeder, tower BTS, kawat seling baja galvanis, hubungi Imam 08125245368




    https://www.facebook.com/kabelfeeder

    dijual kabel Coaxial, kabel feeder, tower BTS, kawat seling baja galvanis, hubungi Imam 08125245368





    https://www.facebook.com/kabelfeeder

    dijual kabel Coaxial, kabel feeder, tower BTS, kawat seling baja galvanis, hubungi Imam 08125245368




    https://www.facebook.com/kabelfeeder

    dijual kabel Coaxial, kabel feeder, tower BTS, kawat seling baja galvanis, hubungi Imam 08125245368


    BalasHapus

Silahkan masukkan komentar yang membangun...